PENGARUH PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013)

Karim, KARINA PRATIWI (2013) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (159Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (287Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (603Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (93Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (7Mb)

Abstrak

Hasil observasi di SMP N 3 Metro menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa (KPS) yang dikembangkan masih rendah, karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan KPS siswa. Salah satunya dengan menggunakan metode praktikum dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode praktikum dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap aktivitas belajar dan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan eksperimental semu dengan desain pretes postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII yang G dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N- gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji U dengan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan metode praktikum dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes sebesar 42,19, nilai postes sebesar 78,65 dan N-gain sebesar 63,05. Hasil aktivitas belajar siswa rata-rata berkriteria sangat baik. Pada aspek mengemukakan pendapat/ide (90,63%), bekerjasama dengan teman (88,54%), menjawab pertanyaan (84,38%), dan melakukan kegiatan diskusi (88,54%). Data angket menunjukkan bahwa siswa senang dan tertarik mempelajari materi yang dipelajari dan lebih mudah memahami materi tersebut dengan metode praktikum dan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan metode praktikum dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan proses sains siswa. Kata kunci: aktivitas belajar, keterampilan proses sains, metode praktikum, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 10 Feb 2014 08:47
Last Modified: 10 Feb 2014 08:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1030

Actions (login required)

View Item View Item