PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PENGETAHUAN PADA MATERI TEORI ATOM BOHR DAN MEKANIKA KUANTUM

Dian Agustin, 1113023010 (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PENGETAHUAN PADA MATERI TEORI ATOM BOHR DAN MEKANIKA KUANTUM. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (369Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (368Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (381Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PENGETAHUAN PADA MATERI TEORI ATOM BOHR DAN MEKANIKA KUANTUM Oleh DIAN AGUSTIN Asesmen, menurut Permendikbud No 104 tahun 2014 adalah untuk memperoleh informasi tentang kelemahan dan kekuatan pembelajaran. Hal ini dapat diperoleh jika asesmen yang digunakan memenuhi syarat reliabilitas, validitas, dan syarat lainnya. Namun, asesmen yang dipakai selama ini belum memperhatikan syarat-syarat tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode R&D (Research and Development) sampai tahap revisi produk dengan tujuan mendeskripsikan kelayakan instrumen asesmen pengetahuan pada materi teori atom Bohr dan mekanika kuantum berupa soal pilihan jamak dengan memperhatikan reliabilitas, validitas, tingkat kesukaran, daya beda, daya pengecoh dan sensitivitas soal, serta kepraktisan berdasarkan deskripsi respon guru dan siswa. Studi lapangan dilakukan di enam SMA di Kabupaten Lampung Selatan, dan uji coba di SMA Al-Kautsar Bandarlampung. Produk ini mengukur dimensi pengetahuan konseptual aspek kognitif mengingat, memahami, mengaplikasikan dan menganalisis. Instrumen asesmen yang dihasilkan sudah memiliki validitas yang baik, hal ini dilihat dari hasil validasi ahli untuk produk yang dikembangkan untuk aspek keterbacaan, konstruksi, dan kesesuaian soal dengan materi semuanya tergolong sangat tinggi. Pada respon guru, untuk aspek keterbacaan, konstruksi, dan kesesuaian soal dengan materi tersebut termasuk kategori tinggi, dan tingkat keterbacaan siswa adalah sangat tinggi. Setelah uji empiris, asesmen memiliki nilai reliabilitas tinggi. Di peroleh pula tingkat kesukaran soal dominan sedang, daya beda dominan tinggi, daya pengecoh opsi jawaban dominan baik, validitas butir dominan sedang dan sensitivitas soal dominan kurang sensitif. Kata kunci : Instrumen asesmen, Reliabilitas, Teori atom Bohr dan mekanika kuantum.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 4286624 . Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2015 02:26
Last Modified: 17 Jun 2015 02:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10302

Actions (login required)

View Item View Item