Dian Agustin, 1113023010 (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PENGETAHUAN PADA MATERI TEORI ATOM BOHR DAN MEKANIKA KUANTUM. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
Text
MENYETUJUI.pdf Download (369Kb) | Preview |
|
|
Text
MENGESAHKAN.pdf Download (368Kb) | Preview |
|
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (381Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (214Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PENGETAHUAN PADA MATERI TEORI ATOM BOHR DAN MEKANIKA KUANTUM Oleh DIAN AGUSTIN Asesmen, menurut Permendikbud No 104 tahun 2014 adalah untuk memperoleh informasi tentang kelemahan dan kekuatan pembelajaran. Hal ini dapat diperoleh jika asesmen yang digunakan memenuhi syarat reliabilitas, validitas, dan syarat lainnya. Namun, asesmen yang dipakai selama ini belum memperhatikan syarat-syarat tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode R&D (Research and Development) sampai tahap revisi produk dengan tujuan mendeskripsikan kelayakan instrumen asesmen pengetahuan pada materi teori atom Bohr dan mekanika kuantum berupa soal pilihan jamak dengan memperhatikan reliabilitas, validitas, tingkat kesukaran, daya beda, daya pengecoh dan sensitivitas soal, serta kepraktisan berdasarkan deskripsi respon guru dan siswa. Studi lapangan dilakukan di enam SMA di Kabupaten Lampung Selatan, dan uji coba di SMA Al-Kautsar Bandarlampung. Produk ini mengukur dimensi pengetahuan konseptual aspek kognitif mengingat, memahami, mengaplikasikan dan menganalisis. Instrumen asesmen yang dihasilkan sudah memiliki validitas yang baik, hal ini dilihat dari hasil validasi ahli untuk produk yang dikembangkan untuk aspek keterbacaan, konstruksi, dan kesesuaian soal dengan materi semuanya tergolong sangat tinggi. Pada respon guru, untuk aspek keterbacaan, konstruksi, dan kesesuaian soal dengan materi tersebut termasuk kategori tinggi, dan tingkat keterbacaan siswa adalah sangat tinggi. Setelah uji empiris, asesmen memiliki nilai reliabilitas tinggi. Di peroleh pula tingkat kesukaran soal dominan sedang, daya beda dominan tinggi, daya pengecoh opsi jawaban dominan baik, validitas butir dominan sedang dan sensitivitas soal dominan kurang sensitif. Kata kunci : Instrumen asesmen, Reliabilitas, Teori atom Bohr dan mekanika kuantum.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | A General Works = Karya Karya Umum L Education > LC Special aspects of education Q Science (General) > QD Chemistry |
Program Studi: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | 4286624 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Jun 2015 02:26 |
Last Modified: | 17 Jun 2015 02:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |