PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT MARDI WALUYO METRO

Nina Lelawati, 1121011025 (2015) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT MARDI WALUYO METRO. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (157Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Pada era global, persaingan dalam dunia industri barang maupun jasa begitu ketat. Perusahaan barang maupun jasa tidak terkecuali rumah sakit Mardi Waluyo Metro dituntut untuk bisa bersikap lebih bijak, dan dapat menciptakan sesuatu yang kreatif dan inovatif. Karena salah satu tantangan bagi rumah sakit adalah meningkatkan kepuasan pasien, maka adanya kualitas pelayanan terbaik dan didukung citra perusahaan yang baik diharapkan dapat meningkatkatkan rasa puas pada diri pasien sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan dan memenangkan persaingan. Adapun masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah variabel kualitas palayanan dan citra perusahaan berpengaruh positif baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap variabel kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun pengaruh secara bersama-sama antara variabel kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap variabel kepuasan pasien pada rumah sakit Mardi Waluyo Metro. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh positif baik secara parsial maupun secara bersama-sama antara variabel kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap variabel kepuasan pasien pada rumah sakit Mardi Waluyo Metro. Jenis rancangan riset yang dipakai adalah riset deskriptif dengan metode survey. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan teknik probabilitas sampling acak sederhana kepada 100 responden yaitu pasien rawat inap dan rawat jalan rumah sakit Mardi Waluyo Metro. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh bersama-sama variabel kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap variabel kepuasan pasien sebesar 72 %. Pengaruh secara parsial juga ditunjukan oleh masing-masing variabel terhadap kepuasan pasien dan pengaruh tertinggi diberikan oleh variabel kualitas pelayanan. Saran dalam penelitian ini adalah pihak rumah sakit Mardi Waluyo Metro sebaiknya lebih meningkatkan kualitas pelayanan pada sub dimensi assurance yaitu terhadap komunikasi yang dijalin dengan keluarga pasien, pada sub dimensi tangible yaitu pada bagian pengadaan fasilitas toilet, selain itu pihak rumah sakit sebaiknya juga mengadakan pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kehandalan karyawan baik medis, para medis maupun non medis. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Kepuasan Pasien. Abstract In the globalization era, the competition of industrial world of goods and services are very tight. Company of goods or services, including Mardi Waluyo Metro Hospital is required to be creative and innovative. One of the greatest challenges of the hospital is to increase the satisfaction of the patients, therefore the service quality and hospital image are expected to increase the satisfaction of the patients in order to achieve the goal of the company and sustain its competitive power. The case explored in this research was whether the variable of service quality and corporate image encouraged the positive influence both partially and simultaneously towarded the variable of patients’ satisfaction. The aim of this research was to identify both partial and simultaneously influence between the variable of service quality and corporate image variable to the patients satisfaction of Mardi Waluyo Metro Hospital. The method used in this research was descriptive survey. The data collection process was implemented by surveying 100 respondents who were the inpatients and outpatients of Mardi Waluyo Metro Hospital with random sampling through fulfilling questionnaire. The data was finally analyzed by multiple linear regression analysis method. The result of this research showed that the simultaneously influences of services quality and corporate image towarded the satisfaction of the patients was as much as 72 % and the partial influenced positively towarded the variable of patients’ satisfaction, the highest influence was identified as the variable of service quality. The research was expected to be able to increase the service quality of assurance dimension of Mardi Waluyo Metro Hospital, specifically in term of communication between the hospital and the family of the patients and the tangible dimension of the procurement of toilet facility. It was also expected that the employers of Mardi Waluyo Metro Hospital could be facilitated by training and development program in order to improve their quality of medical, paramedical and non medical skills. KeyWords: Service Quality, Corporate Image, Patients’ Satisfaction.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
J Political Science > JS Local government Municipal government
Pengobatan > R Medicine (General)
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen S2
Depositing User: Robidin
Date Deposited: 19 Jun 2015 06:31
Last Modified: 19 Jun 2015 06:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10328

Actions (login required)

View Item View Item