MUKTI ARI WIBOWO, 1113053072 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI 3 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (348Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (303Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (320Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (133Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI .pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (208Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (250Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI .pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (148Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (569Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (915Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IVB SD Negeri 3 Metro Pusat sebesar 36,36% siswa yang tuntas dari 22 siswa. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas IVB melalui penerepan pendekatan RME. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar pada setiap akhir siklusnya, alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan RME dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, terlihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Rata-rata aktivitas siklus I 61,48% dan Siklus II 77,39% meningkat 15,91%. Rata-rata nilai afektif siklus I 60,12 dan siklus II 78,52 meningkat 18,41. Rata-rata nilai psikomotor siklus I 62,05 dan siklus II 76,14 meningkat 14,09. Rata-rata nilai kognitif siklus I 68,64 dan siklus II sebesar 75,45 meningkat 6,81. siklus I persentase ketuntasan belajar siswa 59,09% siklus II 81,82% meningkat 22,73%. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, pendekatan RME
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 7288911 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 06:45 |
Terakhir diubah: | 23 Jun 2015 06:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10356 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |