PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI SIMAYANG TIPE II DALAM MENUMBUHKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA SISWA

Siti Hasanah, 1113023060 (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI SIMAYANG TIPE II DALAM MENUMBUHKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (149Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (329Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (277Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan pembelajaran SiMaYang Tipe II dalam menumbuhkan model mental dan penguasaan konsep asam basa siswa, serta mendeskripsikan karakteristik model mental dan penguasaan konsep asam basa siswa setelah menerapkan pembelajaran dengan model SiMaYang Tipe II. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara sampel total. Penelitian dilakukan pada kelas XI IPA1, XI IPA2, dan XI IPA3 SMA Gajah Mada Bandar Lampung tahun ajaran 2014-2015 sebagai kelas replikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design, dan analisis data dilakukan secara deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis multipel representasi SiMaYang Tipe II memiliki kepraktisan dan keefektivan yang tinggi dalam menumbuhkan model mental dan penguasaan konsep asam basa siswa yang dibuktikan dengan hasil analisis data keterlaksanaan RPP, respon siswa terhadap pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas siswa selama pembelajaran pada ketiga kelas replikasi masing- masing dengan kategori “sangat tinggi,” serta model mental dan penguasaan konsep asam basa siswa ketiga kelas replikasi mengalami peningkatan. Model mental siswa yang awalnya didominasi oleh kriteria “sangat buruk,” “buruk,” dan “sedang” menjadi didominasi oleh kriteria “sedang,” “baik,” dan “sangat baik.” Rata-rata skor n-Gain baik model mental maupun penguasaan konsep asam basa siswa ketiga kelas replikasi memperoleh pencapaian dengan kriteria n-Gain “tinggi” dan “sedang.” Kata kunci: asam basa, keefektivan, kepraktisan, model pembelajaran SiMaYang Tipe II.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 9854714 . Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2015 06:22
Last Modified: 23 Jun 2015 06:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10357

Actions (login required)

View Item View Item