PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MULTI REPRESENTASI PADA MATERI LISTRIK DINAMIS

Zulkarnain , HESTY PRILITA Z. (2013) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MULTI REPRESENTASI PADA MATERI LISTRIK DINAMIS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (195Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (543Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (608Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (196Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (161Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2611Kb)

Abstrak

Sewaktu siswa mempelajari fisika, siswa dituntut untuk menguasai representasi- representasi berbeda seperti percobaan, grafik, konseptual/keterangan lisan, rumus, serta gambar atau diagram secara bersamaan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pembuatan modul pembelajaran yang dapat menyajikan pembelajaran fisika dalam beberapa representasi yaitu modul berbasis multi representasi. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model pengembangan media instruksional yang diadaptasi dari Suyanto dan Sartinem (2009). Desain tersebut meliputi tujuh tahapan prosedur pengembangan produk dan uji produk, yaitu: analisis kebutuhan, identifikasi sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan, identifikasi spesifikasi produk yang diinginkan pengguna, pengembangan produk, uji internal: uji kelayakan produk, uji eksternal: uji kemanfaatan produk oleh pengguna dan tahap terakhir produksi. Hasil uji internal menunjukan media telah sesuai dengan teori dan layak digunkan sebagai sumber belajar. Hasil uji eksternal menunjukkan bahwa modul berbasis multi representasi memiliki kualitas menarik, mudah digunakan dan bermanfaat serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran yaitu mencapai 76,6% siswa tuntas KKM. Jadi, dapat disimulkan bahwa modul berbasis multi representasi yang telah teruji dan layak digunakan dengan kualitas: menarik, mudah digunakan, dan bermanfaat, serta dinyatakan keefektifannya sebagi media pembelajaran. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah modul berbasis multi representasi pada materi listrik dinamis. Kata kunci: modul berbasis multi representasi

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 11 Feb 2014 07:06
Last Modified: 11 Feb 2014 07:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1042

Actions (login required)

View Item View Item