Indah Sri Lestari, 1013033040 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SIMPANG PEMATANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (333Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (272Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (267Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (243Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (570Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penyelenggaraan sistem Pendidikan di Indonesia pada umumnya lebih mengarah pada model pembelajaran yang di lakukan secara masal dan klasikal, dengan berorientasi pada kuantitas agar mampu melayani sebanyak-banyaknya peserta didik, sehingga tidak dapat mengakomodir kebutuhan peserta didik secara individual diluar kelompok. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang lebih tepat dan menarik, dimana siswa dapat belajar secara kooperatif, dapat bertanya meskipun tidak pada guru secara langsung, dan mengemukakan pendapat. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Co-op Co-op. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah efektivitas model pembelajaran Co-op Co-op dalam pmbelajaran sejarah pada siswa kelas X SMA N 1 Simpang Pematang Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Coop Co-op dalam pmbelajaran sejarah siswa kelas X di SMA N 1 Simpang Pematang Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efektivitas penggunaan model pembelajaran Co-op Co-op dalam pembelajaran sejarah mencapai 78,8% dengan rincian setiap komponen atau aspek fokus mencapai 78,7%, aspek sintaks mencapai 75,9%, aspek sistem sosial mencapai 85,4 %, dan aspek sistem pendukung mencapai 75,2%. Dengan jumlah presentase keseluruhan data pencapaian persentase sebesar 78,8%, diinterpretasikan kedalam kategori interpretasi skor efektivitas maka penggunaan model pembelajaran Co-op Co-op dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X 1 SMA Negeri 1 Simpang Pematang Tahun pelajaran 2014/2015 dinyatakan kuat/efektif.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 5424763 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Jun 2015 04:19 |
Terakhir diubah: | 26 Jun 2015 04:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10481 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |