Atika Oktaviani, 1113053017 (2015) PENERAPAN METODE PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I A SD NEGERI 12 METRO PUSAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (131Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (233Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (180Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (290Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (424Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (696Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran matematika di kelas I A SD Negeri 12 Metro Pusat belum berlangsung sesuai dengan yang diharapkan, ditandai oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu dengan persentase ketuntasan baru mencapai 44,45% (8 orang siswa tuntas) dari jumlah 18 orang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui permainan edukatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes melalui observasi dan teknik tes melalui tes formatif. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode permainan edukatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 59,91 dengan dengan persentase keaktifan siswa 55,56%, kategori cukup aktif. Siklus II sebesar 64,72 dengan persentase keaktifan siswa 72,22%, kategori aktif. Siklus III menjadi 70,93 dengan persentase keaktifan siswa 88,89%, kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa siklus I, rata-rata nilai yaitu 71,11 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 55,56% kategori sedang, siklus II sebesar 76,11 dengan persentase 72,22% kategori tinggi, dan siklus III meningkat menjadi 80,56 dengan persentase 83,33% kategori sangat tinggi. Kata kunci: metode permainan edukatif, aktivitas, dan hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 4699210 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Jun 2015 06:43 |
Terakhir diubah: | 26 Jun 2015 06:43 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10499 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |