Juwita Kusuma Dewi, 1113053061 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V B SD NEGERI 5 METRO PUSAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (177Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (163Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (162Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTTO.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (185Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (371Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (338Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1561Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V B SD NEGERI 5 METRO PUSAT Oleh JUWITA KUSUMA DEWI Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V B SD Negeri 5 Metro Pusat dengan persentase ketuntasan sebesar 37,14%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan media audio visual pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik nontes dengan menggunakan lembar observasi dan teknik tes menggunakan soal tes formatif. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan media audio visual dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dari sikap siswa yang mencapai kategori “Mulai Berkembang” pada siklus I sebesar 74,29% dengan nilai rata-rata 74,29 meningkat pada siklus II menjadi 85,71% dengan nilai rata-rata 80,18. Keterampilan siswa yang mencapai kategori “Terampil” pada siklus I sebesar 68,57% dengan nilai rata-rata 71,61 meningkat pada siklus II menjadi 82,86% dengan nilai rata-rata 79,11. Hasil belajar pengetahuan siswa yang telah mencapai ketuntasan pada siklus I sebesar 60% dengan nilai rata-rata 70,51 meningkat pada siklus II menjadi 80% dengan nilai rata-rata 76,91. Kata kunci: hasil belajar, media audio visual, model pembelajaran berbasis proyek.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 773027 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Jun 2015 06:35 |
Last Modified: | 26 Jun 2015 06:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10504 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |