Qonita Afriyani, 1113041049 (2015) Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi dengan Model Project Based Learning oleh Guru Bahasa Indonesia di MTs Negeri 2 Bandarlampung. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover dalam.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Hlm. Menyetujui.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Hlm. Mengesahkan.pdf Download (1370Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat Hidup.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persembahan.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Moto.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
San wacana.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Tabel.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Gambar.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 1.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 2.pdf Download (84Mb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 3.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1269Kb) |
||
|
File PDF
Bab 5.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (14Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan model project based learning oleh guru bahasa Indonesia di MTs Negeri 2 Bandarlampung. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan model project based learning oleh guru bahasa Indonesia di MTs Negeri 2 Bandarlampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah kegiatan pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VII MTs Negeri 2 Bandarlampung tahun ajaran 2014/2015 berupa perencanaan pembelajaran oleh guru, kegiatan pembelajaran yang meliputi aktivitas guru dan siswa, dan penilaian yang diberikan oleh guru untuk mengetahui hasil proses belajar mengajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Tahapan analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan tiga tahap kegiatan dalam pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Perencanaan pembelajaran dituangkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun sendiri oleh guru mata pelajaran, sesuai dengan format RPP Model Project Based Learning dalam Kurikulum 2013. Dalam pelaksanaan pembe-lajaran, beberapa tahapan masih banyak yang tidak dilaksanakan atau tertinggal. Pembelajaran menulis teks eksplanasi dimulai dari pemodelan, pengenalan teks eksplanasi, pembedaaan teks eksplanasi dengan teks eksposisi, pengklasifi-kasian, lalu penyusunan. Pada pelaksanaan pembelajaran, guru membelajarkan teks eksplanasi dengan memanfaatkan media. Selain itu, terdapat aktivitas siswa yang terdiri dari (1) aktivitas mengamati; (2) aktivitas menanya, (3) aktivitas mencoba; (4) aktivitas menalar; dan (5) aktivitas mengomunikasikan. Selanjutnya, kegiatan penilaian pembelajaran menyusun teks eksplanasi terdiri atas tiga penilaian yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sedangkan, evaluasi yang dilakukan oleh guru meliputi evaluasi formatif dan sumatif. Evaluasi diagnostik tidak dilakukan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > P Philology. Linguistics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 507245 . Digilib |
Date Deposited: | 29 Jun 2015 02:44 |
Terakhir diubah: | 29 Jun 2015 02:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10535 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |