EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

SITI MARFU’AH, 1013023059 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (154Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (351Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (183Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (212Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan kemampuan menyimpulkan pada larutan materi elektrolit dan non-elektrolit. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 dan X5 SMA Negeri 1 Natar Tahun Ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Metode pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (pretest and posttest) Control Group Design. Analisis efektivitas dilakukan melalui uji hipotesis dengan T-Test untuk melihat perbedaan n-Gain antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata nilai postes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 69,925 dan 83,575 dan Siti Marfu’ah rata-rata n-Gain kemampuan menyimpulkan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,471 dan 0,712. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Kata kunci: Kemampuan menyimpulkan, Larutan elektrolit dan non-elektrolit, Model pembelajaran problem solving.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 5351026 . Digilib
Date Deposited: 27 Jun 2015 06:24
Last Modified: 27 Jun 2015 06:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10536

Actions (login required)

View Item View Item