MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DALAM BELAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LABUHAN RATU LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Fatwa Mustika Adji, 1013052025 (2015) MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DALAM BELAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LABUHAN RATU LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (131Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (411Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak

Kata kunci: bimbingan kelompok, percaya diri siswa dalam belajar ABSTRAK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DALAM BELAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LABUHAN RATU LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Oleh FATWA MUSTIKA ADJI Masalah penelitian ini adalah percaya diri siswa dalam belajar. Permasalahannya adalah “apakah percaya diri siswa dalam belajar dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Labuhan Ratu Lampung Timur tahun pelajaran 2013/2014?. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan percaya diri siswa dalam belajar melalui layanan bimbingan kelompok. Metode penelitian adalah metode quasi eksperimen desain nonequievalent control group design. Subjek penelitian sebanyak 24 orang siswa dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing terdiri dari 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi percaya diri siswa dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa percaya diri siswa dalam belajar dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok, terbukti dari hasil analisis data percaya diri siswa dalam belajar menggunakan uji wilcoxon, dimana nilai probabilitas pada kelompok eksperimen diperoleh sebesar 0.002 < sig.0,05 sehingga Ha1 diterima dan Ha2 ditolak. Hal ini berarti bahwa percaya diri dalam belajar meningkat secara signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberi layanan bimbingan kelompok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa percaya diri siswa dalam belajar dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Labuhan Ratu Lampung Timur tahun pelajaran 2013/2014. Saran yang diberikan adalah kepada (1) Siswa hendaknya mengikuti kegiatan bimbingan kelompok untuk meningkatkan percaya diri siswa dalam belajar, (2) Guru bimbingan dan konseling hendaknya mengadakan kegiatan bimbingan kelompok secara rutin untuk meningkatkan percaya diri siswa dalam belajar (3) Peneliti lain yang akan melakukan penelitian tentang percaya diri siswa dalam belajar dengan bimbingan kelompok hendaknya dapat menggunakan subjek berbeda dan meneliti variabel lain dengan mengontrol variabel yang sudah diteliti sebelumnya.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: 9573112 . Digilib
Date Deposited: 30 Jun 2015 02:52
Last Modified: 30 Jun 2015 02:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10602

Actions (login required)

View Item View Item