PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMK GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

Indra Fitri Yuliana, 1113033028 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMK GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (788Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (777Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (355Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (169Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (197Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (782Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) merupakan salah satu model pembelajaran kontekstual yang dalam pelaksanaannya banyak melibatkan peran siswa dalam proses pembelajaran. Selama proses pembelajaran, siswa dilibatkan langsung untuk dapat menemukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata, artinya siswa dituntut untuk dapat menangkap hubungan antara pengalaman belajar di sekolah dengan kehidupan nyata. Hal ini sangat penting, sebab dengan dapat mengkorelasikan materi yang ditemukan dengan kehidupan nyata, materi yang dipelajari akan tertanan erat dalam memori siswa, sehingga tidak akan mudah dilupakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL terhadap peningkatan motivasi belajar sejarah siswa dan sejauh mana taraf signifikansi pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap peningkatan motivasi belajar sejarah siswa kelas X. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam kegiatan pembelajaran terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui tingkat signifikan pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas X . Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji hipotesis normalitas dan uji analisis data menggunakan uji t paired samples test. Berdasarkan hasil analisis data secara kuantitatif menggunakan uji t paired samples test dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berpengaruh yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran sejarah kelas X SMK Gajah Mada. Taraf signifikan model ini sesuai dengan tabel yang dijadikan pedoman untuk memberikan intepretasi terhadap koefiesien korelasi menurut pendapat Sugiyono adalah sebesar 0,48 yang berarti cukup kuat.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LA History of education
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 1973481 . Digilib
Date Deposited: 30 Jun 2015 07:39
Terakhir diubah: 30 Jun 2015 07:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10650

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir