Fitriyani, 1113053045 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 METRO SELATAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (147Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (134Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (209Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (404Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (684Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 METRO SELATAN Oleh FITRI YANI Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 5 Metro Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 5 Metro Selatan melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Pair Check. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) pengamatan, dan (d) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes formatif yang dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Pair Check untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 5 Metro Selatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Persentase hasil belajar kognitif pada siklus I 70% dalam katagori ”Sedang”. Siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,3% menjadi 83,3% dalam katagori ”Tinggi”. Persentase hasil belajar afektif siswa pada siklus I adalah 74% dalam katagori ”Baik”. Siklus II mengalami peningkatan sebesar 14% menjadi 88% dengan katagori ”Sangat Baik”. Persentase hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I adalah 73,5% dalam katagori ”Baik”. Siklus II mengalami peningkatan sebesar 14% menjadi 87,5% dengan katagori ”Sangat Baik”. Kata kunci: tipe pair check, aktivitas belajar, hasil belajar.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 2364862 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Jul 2015 07:23 |
Last Modified: | 02 Jul 2015 07:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |