PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 METRO SELATAN

Fitriyani, 1113053045 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 METRO SELATAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (404Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (684Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 METRO SELATAN Oleh FITRI YANI Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 5 Metro Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 5 Metro Selatan melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Pair Check. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) pengamatan, dan (d) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes formatif yang dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Pair Check untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 5 Metro Selatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Persentase hasil belajar kognitif pada siklus I 70% dalam katagori ”Sedang”. Siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,3% menjadi 83,3% dalam katagori ”Tinggi”. Persentase hasil belajar afektif siswa pada siklus I adalah 74% dalam katagori ”Baik”. Siklus II mengalami peningkatan sebesar 14% menjadi 88% dengan katagori ”Sangat Baik”. Persentase hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I adalah 73,5% dalam katagori ”Baik”. Siklus II mengalami peningkatan sebesar 14% menjadi 87,5% dengan katagori ”Sangat Baik”. Kata kunci: tipe pair check, aktivitas belajar, hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek:
> LC Special aspects of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 2364862 . Digilib
Date Deposited: 02 Jul 2015 07:23
Last Modified: 02 Jul 2015 07:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10770

Actions (login required)

View Item View Item