Fitriyani, 1113053045 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 METRO SELATAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (147Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (134Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (209Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (404Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (684Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 METRO SELATAN Oleh FITRI YANI Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 5 Metro Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 5 Metro Selatan melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Pair Check. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) pengamatan, dan (d) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes formatif yang dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Pair Check untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 5 Metro Selatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Persentase hasil belajar kognitif pada siklus I 70% dalam katagori ”Sedang”. Siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,3% menjadi 83,3% dalam katagori ”Tinggi”. Persentase hasil belajar afektif siswa pada siklus I adalah 74% dalam katagori ”Baik”. Siklus II mengalami peningkatan sebesar 14% menjadi 88% dengan katagori ”Sangat Baik”. Persentase hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I adalah 73,5% dalam katagori ”Baik”. Siklus II mengalami peningkatan sebesar 14% menjadi 87,5% dengan katagori ”Sangat Baik”. Kata kunci: tipe pair check, aktivitas belajar, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2364862 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Jul 2015 07:23 |
Terakhir diubah: | 02 Jul 2015 07:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10770 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |