(Studi Tentang Inovasi Teknologi Komunikasi dan Perubahan Gaya Hidup Pengguna BlackBerry (BlackBerryan) di Bandar Lampung)

0816011051, ZIKRI MUHAMMAD YUDHI (2012) (Studi Tentang Inovasi Teknologi Komunikasi dan Perubahan Gaya Hidup Pengguna BlackBerry (BlackBerryan) di Bandar Lampung). Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
Abstrak, cover, pengesahan, halama depan.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (166Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (456Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB VI.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (556Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji gaya hidup dan gengsi pengguna BlackBerry (BlackBerryan) di kota Bandar Lampung, serta menganalisis inovasi teknologi komunikasi dan perubahan gaya hidup masyarakat dalam berkomunikasi. Masyarakat Bandar Lampung bercirikan masyarakat yang terbuka akan perubahan, terutama dengan masuknya inovasi teknologi. Selain itu, masyarakat Bandar Lampung yang heterogen dan kompleks cenderung menjadi masyarakat yang konsumtif dan berlomba-lomba untuk memiliki teknologi baru untuk menunjukkan status dan gengsi bukan berdasarkan kebutuhannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori inovasi dan teori materialisme kebudayaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan verstehen informan dilakukan secara sengaja (purposive), yaitu para pengguna BlackBerry (BlackBerryan) di kota Bandar Lampung tanpa terikat batasan geografis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik wawancara mendalam, pengamatan terlibat dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa pengguna inovasi teknologi komunikasi BlackBerry (BlackBerryan) di Bandar Lampung umumnya mengalami perubahan gaya hidup dan gengsi. Selain menjadikan gaya hidup mereka menjadi lebih konsumtif dan boros, BlackBerry juga ternyata dapat meningkatkan kepercayaan diri dan gengsi penggunanya. Hasil dari penelitian ini juga membuktikan bahwa peneliti mendukung teori inovasi yang menyatakan bahwa inovasi merupakan salah satu unsur perubahan dalam masyarakat, hal ini didukung dengan bukti bahwa masyarakat saat ini dengan adanya BlackBerry menjadi berkurang interaksi sosialnya secara langsung, dan menjadikannya lebih pasif dan berfikir secara instant. Adapun dengan teori budaya dikembangkan oleh suatu masyarakat berdasarkan pada materi (benda) yang dimilikinya Disini peneliti melihat bahwa materialisme kebudayaan sangat erat kaitannya dengan fenomena BlackBerry. Seperti yang telah dikemukakan teori materialisme kebudayaan bahwa, kondisi materi itu menentukan kesadaran manusia. Adanya perubahan terhadap gaya hidup itu dilakukan dengan kesadaran manusia tersebut. Mereka menyadari dengan adanya sebuah inovasi teknologi seperti ini dapat merubah pandangan orang lain terhadap dirinya, dan otomatis dapat meningkatkan gengsi dan kehormatannya. Dapat dikatakan bahwa masyarakat saat ini lebih mementingkan keinginan dari pada kebutuhannya. Klasifikasi mengenai proses komunikasi primer dan sekunder juga tidaklah selalu tepat atau dilihat dalam perspektif terpisah saja, melainkan penuh dialektika & dinamika, sehingga bisa bergeser ke segala arah.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 06 Jul 2015 08:22
Terakhir diubah: 06 Jul 2015 08:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10806

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir