Marliyah, 1013079231 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE KELAS IV SDN MUARA PUTIH KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
Abstrak.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
Text
cover dalam.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTTO.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (544Kb) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (512Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (303Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (139Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (153Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (359Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (203Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (597Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (144Kb) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar yang masih dibawah KKM 65, siswa tuntas mencapai 30%. Adapun tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Muara Putih Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri atas dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas siswa, kinerja guru dan hasil belajar dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukan data pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa 58% dan pada siklus II meningkat 82,5%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, sebesar 67,5 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 80.5. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II ini sudah memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan. Kata Kunci: Kooperatif Picture and picture, Aktivitas, dan Hasil Belajar.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 8990216 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Jul 2015 04:32 |
Last Modified: | 18 Aug 2015 08:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10810 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |