PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015)

DEWI KHOIRUN NISA, 1113024010 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (252Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (359Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (497Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan lembar kerja siswa (LKS) berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (KBK) pada materi pokok peran manusia dalam mengelola lingkungan di SMP Negeri 21 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa adalah kelas VII. G dan VII. E di SMP Negeri 21 Bandar Lampung yang ditentukan secara acak dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari nilai rata-rata pretest, post test dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif dalam penelitian ini berupa data kemampuan berpikir kritis Dewi Khoirun Nisa siswa yang diperoleh melalui hasil pretes dan postes, data tanggapan siswa terhadap penggunaan LKS berbasis masalah melalui instrumen angket tanggapan siswa, dan aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari instrumen observasi aktivitas belajar siswa kemudian dianalisis secara deskriptif. Masing-masing indikator KBK mengalami peningkatan, namun tidak semua indikator signifikan. Indikator KBK yang mengalami peningkatan berbeda secara signifikan yaitu indikator memberikan alasan rata-rata N-gain 87,01 ± 22,71, memberikan solusi 73,07 ± 27,04. Sedangkan indikator memfokuskan pertanyaan 36,93 ± 25,03 mengalami peningkatan tidak berbeda signifikan. Berdasarkan observasi rata-rata aktivitas belajar siswa yang menggunakan LKS berbasis masalah pada aspek memperhatikan arahan guru (85,12 %) berkriteria baik, menyelidiki (77,38%) berkriteria baik, mempresentasikan (86,31%) berkritteria baik, dan mengajukan pertanyaan (66,96%) berkriteria cukup. Selain itu, sebagian besar siswa (81,47%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan LKS berbasis masalah. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan LKS berbasis masalah berpengaruh signifikan dalam meningkatkan KBK siswa pada materi pokok peran manusia dalam mengelola lingkungan Kata kunci : Peran manusia dalam pengelolaan lingkungan, Kemampuan Berpikir Kritis (KBK), LKS berbasis masalah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 5189514 . Digilib
Date Deposited: 03 Jul 2015 08:19
Terakhir diubah: 03 Jul 2015 08:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10844

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir