POLA PENYAJIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH) DALAM BUKU MAHIR BERBAHASA INDONESIA SMP/MTs KELAS VII TERBITAN ERLANGGA

Yunita Fitri Yanti, 1113041078 (2015) POLA PENYAJIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH) DALAM BUKU MAHIR BERBAHASA INDONESIA SMP/MTs KELAS VII TERBITAN ERLANGGA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (299Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (405Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR DATA.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (145Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6Mb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK POLA PENYAJIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH) DALAM BUKU MAHIR BERBAHASA INDONESIA SMP/MTs KELAS VII TERBITAN ERLANGGA Oleh YUNITA FITRI YANTI Masalah dalam penelitian ini adalah penyajian kegiatan pembelajaran pada buku Mahir Berbahasa Indonesia berdasarkan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penyajian kegiatan pembelajaran dalam buku Mahir Berbahasa Indonesia berdasarkan pendekatan saintifik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pengajar dan calon pengajar mengenai penyajian kegiatan yang terdapat pada buku bahasa Indonesia berdasarkan pendekatan saintifik Kurikulum 2013. Desain penelitian menggunakan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah buku Mahir Berbahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII dan difokuskan pada penyajian kegiatan pembelajaran pada buku Mahir Berbahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Teknik analisis data berupa menyiapkan buku yang akan diteliti, membaca sumber data, mengamati dan menentukan kegiatan pembelajaran, mendeskripsikan pola penyajian kegiatan pembelajaran berdasarkan pendekatan saintifik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kegiatan pembelajaran dalam buku Mahir berbahasa Indonesia berjumlah 187 kegiatan, terdiri atas 62 kegiatan mengamati, 11 kegiatan menanya, 44 kegiatan mencoba, 39 kegiatan menalar, dan 31 kegiatan menyaji, dari jumlah tersebut terdapat 35 pola penyajian kegiatan pembelajaran, diantaranya terdapat 4 pola penyajian yang sama antar sub bab satu dengan sub bab lainnya. Berdasarkan kegiatan pendekatan saintifik pada buku teks yang dikeluarkan puskurbuk, buku Mahir Berbahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII terbitan Erlangga, ditemukan terdapat 1 (satu) pola yang sesuai dengan urutan kegiatan pembelajaran saintifik yaitu, mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan menyaji, serta terdapat 34 pola kegiatan yang tidak berurutan berdasarkan pendekatan saintifik yaitu, mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan menyaji/mengomunikasikan.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 373508 . Digilib
Date Deposited: 06 Jul 2015 06:30
Last Modified: 06 Jul 2015 06:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10938

Actions (login required)

View Item View Item