SUJONO DWI PUTRA , 1113024066 (2015) KAJIAN KEMAMPUAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PENILAIAN AUTENTIK DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KECAMATAN PALAS LAMPUNG SELATAN T.P. 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
COVER LUAR.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENEGSAHAN.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (272Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (239Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK KAJIAN KEMAMPUAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PENILAIAN AUTENTIK DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KECAMATAN PALAS LAMPUNG SELATAN T.P. 2014/2015 Oleh SUJONO DWI PUTRA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam merencanakan dan melakukan penilaian autentik pada mata pelajaran IPA di SMP dan MTs se- kecamatan Palas kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif sederhana. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 10 guru yang mengajar IPA. Data penelitian adalah data kualitatif, berupa gambaran tentang kemampuan guru dalam merencanakan dan melakukan penilaian autentik pada mata pelajaran IPA yang diperoleh dari angket guru, angket siswa, tes pengetahuan umum, lembar observasi, dan lembar penilaian instrumen yang dianalisis dengan analisis deskriptif sederhana. Angket dan tes pengetahuan umum telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan analisis korelasi Pearson pada SPSS 17. Validitas angket dan tes pengetahuan umum yaitu 0,87 dan 0,7. Realibilitas angket dan tes pengetahuan umum yaitu 0,87 dan 0,48. Hasil analisis menunjukkan bahwa setiap guru memiliki minimal 3 jenis penilaian autentik dan semua (100%) instrumen yang dimiliki guru sudah sesuai dengan standar penilaian pendidikan baik dari aspek isi, konstruksi, dan bahasa. Sehingga dapat dikatakan kemampuan guru IPA SMP dan MTs se-kecamatan Palas dalam merencanakan penilaian autentik berkriteria baik. Hasil analisis dan tabulasi angket guru menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian autentik memperoleh persentase 43%. Hasil analisis dan tabulasi angket siswa menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian autentik memperoleh persentase 60%. Hasil analisis dan tabulasi lembar observasi menunjukkan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian autentik memperoleh persentase 26%. Sehingga dapat dikatakan kemampuan guru IPA SMP dan MTs se-kecamatan Palas dalam melaksanakan penilaian autentik berkriteria cukup. Kata Kunci : Kemampuan guru, Penilaian autentik, dan IPA
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | A General Works = Karya Karya Umum L Education > LC Special aspects of education Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | 7356031 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Jul 2015 02:28 |
Last Modified: | 10 Jul 2015 02:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |