Astri Indriyani Astuti, 1113053016 (2015) HUBUNGAN PENERAPAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 10 METRO TIMUR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (491Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (349Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (579Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (33Kb) | Preview |
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 10 Metro Timur pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan penerapan strategi problem based learning dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan desain korelasi bivariat dengan penerapan strategi problem based learning sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penerapan strategi problem based learning adalah angket dan instrumen untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan soal tes yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 5 soal essay. Data dianalisis dengan rumus korelasi product moment. Sebelum data dianalisis perlu diadakan pengujian persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil belajar dalam penelitian ini yang digunakan hanya sebatas hasil belajar pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dalam penerapan strategi problem based learning dengan hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rxy = 0,412 yang berada pada kategori “Sedang” dan taraf signifikansi sebesar 2,64. Besarnya koefisien determinan yaitu 0,1697, sumbangan efektif yang diberikan variabel bebas sebesar 16,97 % dan 83,03 % lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Kata kunci: hasil belajar, hubungan, strategi problem based learning.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 5731255 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Jul 2015 03:57 |
Last Modified: | 13 Jul 2015 03:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |