HUBUNGAN PENERAPAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 10 METRO TIMUR

Astri Indriyani Astuti, 1113053016 (2015) HUBUNGAN PENERAPAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 10 METRO TIMUR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (491Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (349Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (579Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 10 Metro Timur pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan penerapan strategi problem based learning dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan desain korelasi bivariat dengan penerapan strategi problem based learning sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penerapan strategi problem based learning adalah angket dan instrumen untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan soal tes yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 5 soal essay. Data dianalisis dengan rumus korelasi product moment. Sebelum data dianalisis perlu diadakan pengujian persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil belajar dalam penelitian ini yang digunakan hanya sebatas hasil belajar pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dalam penerapan strategi problem based learning dengan hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rxy = 0,412 yang berada pada kategori “Sedang” dan taraf signifikansi sebesar 2,64. Besarnya koefisien determinan yaitu 0,1697, sumbangan efektif yang diberikan variabel bebas sebesar 16,97 % dan 83,03 % lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Kata kunci: hasil belajar, hubungan, strategi problem based learning.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek:
> LC Special aspects of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 5731255 . Digilib
Date Deposited: 13 Jul 2015 03:57
Last Modified: 13 Jul 2015 03:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11099

Actions (login required)

View Item View Item