Suciyati, 1113053110 (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)SISWA KELAS IV B SD NEGERI 1 GIRIKLOPOMULYO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (137Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (204Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11Kb) | Preview |
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas IV B SD Negeri 1 Giriklopomulyo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative intergrated reading and composition (CIRC). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative intergrated reading and composition (CIRC) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri 1 Giriklopomulyo. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa pada siklus I dansiklus II. Hasil belajar kemampuan membaca pemahaman meningkat tiap siklusnya. Nilai rata-rata kemampuan membaca siswa siklus I sebesar 70.73 dan pada siklus II menjadi 84.28. Sedangkan hasil belajar siswa meningkat tiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh data nilai rata-rata siswa sebesar 69.82 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 48.57% dan di siklus II diperoleh data nilai rata-rata siswa sebesar 82.46 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 85.72%. Peningkatan persentase ketuntasan klasikal siswa dari siklus I sampai siklus II sebesar 37.15%. Kata kunci: hasil belajar, kemampuan membaca pemahaman, model cooperative intergrated reading and composition (CIRC).
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 4366203 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Jul 2015 06:11 |
Last Modified: | 13 Jul 2015 06:11 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |