PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)SISWA KELAS IV B SD NEGERI 1 GIRIKLOPOMULYO

Suciyati, 1113053110 (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)SISWA KELAS IV B SD NEGERI 1 GIRIKLOPOMULYO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (137Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (152Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas IV B SD Negeri 1 Giriklopomulyo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative intergrated reading and composition (CIRC). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative intergrated reading and composition (CIRC) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri 1 Giriklopomulyo. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa pada siklus I dansiklus II. Hasil belajar kemampuan membaca pemahaman meningkat tiap siklusnya. Nilai rata-rata kemampuan membaca siswa siklus I sebesar 70.73 dan pada siklus II menjadi 84.28. Sedangkan hasil belajar siswa meningkat tiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh data nilai rata-rata siswa sebesar 69.82 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 48.57% dan di siklus II diperoleh data nilai rata-rata siswa sebesar 82.46 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 85.72%. Peningkatan persentase ketuntasan klasikal siswa dari siklus I sampai siklus II sebesar 37.15%. Kata kunci: hasil belajar, kemampuan membaca pemahaman, model cooperative intergrated reading and composition (CIRC).

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 4366203 . Digilib
Date Deposited: 13 Jul 2015 06:11
Last Modified: 13 Jul 2015 06:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11107

Actions (login required)

View Item View Item