Suciyati, 1113053110 (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)SISWA KELAS IV B SD NEGERI 1 GIRIKLOPOMULYO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (137Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (204Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas IV B SD Negeri 1 Giriklopomulyo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative intergrated reading and composition (CIRC). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative intergrated reading and composition (CIRC) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri 1 Giriklopomulyo. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa pada siklus I dansiklus II. Hasil belajar kemampuan membaca pemahaman meningkat tiap siklusnya. Nilai rata-rata kemampuan membaca siswa siklus I sebesar 70.73 dan pada siklus II menjadi 84.28. Sedangkan hasil belajar siswa meningkat tiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh data nilai rata-rata siswa sebesar 69.82 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 48.57% dan di siklus II diperoleh data nilai rata-rata siswa sebesar 82.46 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 85.72%. Peningkatan persentase ketuntasan klasikal siswa dari siklus I sampai siklus II sebesar 37.15%. Kata kunci: hasil belajar, kemampuan membaca pemahaman, model cooperative intergrated reading and composition (CIRC).
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 4366203 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Jul 2015 06:11 |
Terakhir diubah: | 13 Jul 2015 06:11 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11107 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |