Tya Susanti, 1113053113 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV A SD NEGERI 1 GIRIKLOPOMULYO LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK .pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (131Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I .pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II .pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III .pdf Download (103Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV .pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (537Kb) |
||
|
File PDF
BAB V .pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (12Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV A SD Negeri 1 Giriklopomulyo yaitu ratarata sebesar 56,08, sedangkan KKM 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining pada mata pelajaran IPS kelas IV A SD Negeri 1 Giriklopomulyo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV A SD Negeri 1 Giriklopomulyo. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 78,92 dan persentase siswa aktif 81,08% dan nilai rata-rata pada siklus II adalah 84,05 dan persentase siswa aktif 89,19%. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I yaitu 72,30 dengan ketuntasan klasikal 48,65%. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar sebesar 84,41 dengan ketuntasan klasikal 91,89%. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, student fasilitator and explaining, IPS
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 948244 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Jul 2015 05:03 |
Terakhir diubah: | 13 Jul 2015 05:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11109 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |