Tya Susanti, 1113053113 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV A SD NEGERI 1 GIRIKLOPOMULYO LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (131Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTTO.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (103Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV .pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (537Kb) |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (12Kb) | Preview |
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV A SD Negeri 1 Giriklopomulyo yaitu ratarata sebesar 56,08, sedangkan KKM 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining pada mata pelajaran IPS kelas IV A SD Negeri 1 Giriklopomulyo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV A SD Negeri 1 Giriklopomulyo. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 78,92 dan persentase siswa aktif 81,08% dan nilai rata-rata pada siklus II adalah 84,05 dan persentase siswa aktif 89,19%. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I yaitu 72,30 dengan ketuntasan klasikal 48,65%. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar sebesar 84,41 dengan ketuntasan klasikal 91,89%. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, student fasilitator and explaining, IPS
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 948244 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Jul 2015 05:03 |
Last Modified: | 13 Jul 2015 05:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11109 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |