Efektivitas Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit dalam Meningkatkan Keterampilan Menjawab Pertanyaan Klarifikasi

Fitry Trysya Marchintha, 1113023024 (2015) Efektivitas Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit dalam Meningkatkan Keterampilan Menjawab Pertanyaan Klarifikasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (245Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik pada pembelajaran larutan elektrolit dan non-elektrolit dalam meningkatkan keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 dan X2. Metode pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Postest) Control-Group Design. Efektivitas penggunaan pendekatan saintifik ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi pada kelas kontrol sebesar 0,51 dan kelas eksperimen sebesar 0,64. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit dengan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi larutan elektrolit dan non-elektrolit menggunakan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menjawab pertanyaan klarifikasi.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Kimia
Depositing User: 9052368 . Digilib
Date Deposited: 14 Jul 2015 04:39
Last Modified: 14 Jul 2015 04:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11197

Actions (login required)

View Item View Item