EFEKTIVITAS MEDIA PENYAMPAIAN PESAN PADA KEGIATAN LITERASI MEDIA (Studi pada SMA Negeri 2 Bandar Lampung)

0916031071 , RUTH YUNITA GLORIA (2012) EFEKTIVITAS MEDIA PENYAMPAIAN PESAN PADA KEGIATAN LITERASI MEDIA (Studi pada SMA Negeri 2 Bandar Lampung). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (229Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (176Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (383Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. abstrak.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Daftar Isi.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. BAB I.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. BAB II.pdf

Download (224Kb) | Preview
[img] File PDF
9. BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (122Kb)
[img]
Preview
File PDF
10. BAB V.pdf

Download (766Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. BAB VI.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK EFEKTIVITAS MEDIA PENYAMPAIAN PESAN PADA KEGIATAN LITERASI MEDIA (Studi pada SMA Negeri 2 Bandar Lampung) Oleh RUTH YUNITA GLORIA Penelitian ini diangkat karena melihat kondisi pers di Indonesia saat ini. Berbagai pemberitaan di media massa semakin memprihatinkan, contohnya televisi. Oleh karena itu, masyarakat, khususnya remaja, harus mengetahui apa itu literasi media untuk meningkatkan jiwa kritis mereka akan tayangan dan pemberitaan media yang cenderung tidak baik di masa sekarang ini. Penyampaian pesan literasi media tidak terlepas dari media penyampaian yang digunakan. Bila media yang digunakan tepat dan efektif, hasilnya pun akan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media penyampaian pesan pada kegiatan literasi media. Berangkat dari adanya fenomena tersebut, maka peneliti mengangkat penelitian mengenai efektivitas media penyampaian pesan pada kegiatan literasi media di lingkungan SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Siswa-siswi kelas X SMA Negeri 2 Bandar Lampung yang berjumlah 84 orang, yang telah mendapatkan stimulus berupa pesan literasi media melalui tiga media penyampaian pesan, yaitu video, slide show, dan forum diskusi merupakan responden dalam penelitian ini yang dipilih dengan menggunakan metode Simple Random Sampling. Selanjutnya, data penelitian diperoleh dengan cara menyebar kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan Koefisien Korelasi Pearson’s Product Moment, Koefisien Alfa (Cronbach), dan Uji SST Anova atau One Way Anova. Hasil penelitian didapatkan nilai R sebesar 0.475 yang menyatakan terdapat hubungan yang cukup antara media penyampaian pesan pada kegiatan literasi media. Besarnya tingkat efektivitas media penyampaian pesan pada kegiatan literasi media adalah 42,1%. Secara parsial, semua variabel X (X1,X2 dan X3) mempunyai hubungan yang signifikansi terhadap variabel Y, dengan hasil variabel X1 (video) menempati media penyampaian yang paling efektif dibandingkan slide show dan forum diskusi dengan t stat sebesar 3.827 dan nilai Sig yaitu 0.005 < 0.05 dengan koefisien regresi sebesar 0.563. Kata kunci: Literasi Media, Efektivitas Media, Pembelajaran Efektif ABSTRACT MEDIA EFFECTIVENESS OF MEDIA LITERACY FOR HIGH SCHOOL STUDENT (A CASE OF SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG) By RUTH YUNITA GLORIA Argument behind the research based on Indonesian pers condition which was quite concerned. One of the concerned is television’s impact on the audience. People, especially young people in Indonesia, ought to know what is media literacy. In order to raise and increase their critical mind to all of informations from mass media nowadays. Communicating media literacy’s message is closely connected into what media we used. If we use the exact and effective media, the result will be optimal. So, i attempted to look at media effectiveness of media literacy for high school student, especially in SMA Negeri 2 Bandar Lampung. The respondents were grade 10 th students of SMA Negeri 2 Bandar Lampung about 84 people. They got a stimulus about media literacy’s message by three media (video, slide show, and discussion) and being selected by using Simple Random Sampling. Data of the research is being obtained by distributing a questionnaire then analized by using Pearson’s Product Moment Correlation, Alpha Cronbach Coefficient, and Simple Linear Regression by using One Way Anova test. Through a series of statistic test, R total score was 0.475 and the correlation between two variables such appertain enough. The high number of media effectiveness of media literacy in the research was 42,1%. From significance test, partially, all of variables X (X1, X2, and X3) have a significant correlation to variable Y, with the result was variable X1 (video) is the most effective media than slide show and discussion with t stat score was 3.827, Sig score was 0.005 < 0.05, and regression coefficient was 0.563. Keywords: Media Literacy, Media Effectiveness, High Learning

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 24 Jul 2015 02:11
Terakhir diubah: 24 Jul 2015 02:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11256

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir