0715021012, JASIRON (2012) ANALISIS PENGARUH KATALIS PADA PERANGKAT BROWN GAS SEDERHANA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI SEPEDA MOTOR 4- LANGKAH. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
0.Cover Luar.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3.Judul Dalam.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
04aPERNYATAAN PENULIS.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Halaman Persetujuan.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Pengesahan 2.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrac1 new.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR IS1.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR tabel.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
II TINJAUAN PUSTAKA (Repaired).pdf Download (196Kb) | Preview |
|
|
File PDF
III.pdf Download (212Kb) | Preview |
|
File PDF
IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (241Kb) |
||
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENDAHULUAN baru.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persembahan.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
V.pdf Download (25Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan krisis energi dan polusi udara merupakan permasalahan besar dan harus segera dicarikan solusinya. Berbagai upaya telah dilakukan manusia untuk mengatasi krisis energi, diantaranya mencarikan bahan bakar alternatif (energi baru dan terbarukan). Dan melakukan penghematan pemakaian energi melalui penggunaan peralatan yang ber efisiensi tinggi. Salah satu bentuk inovasi untuk melakukan efisiensi energi pada kendaraan adalah dengan menambahkan/menginjeksikan gas HHO (Brown gas) ke dalam mesin pembakaran dalam bersama dengan BBM. Tujuan dari penelitian untuk membandingkan prestasi mesin speda motor 4 langkah dari yang menggunakan elektroliser dengan yang tanpa menggunakan elektroliser. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa variasi pengujian diantaranya adalah pengujian komsumsi bahan bakar dalam kondisi stasioner dan road test, tingkat akselerasi dan pengujian emisi. Pengujian road test dilakukan dengan menempuh jarak 3 km yang berjalan secara konstan. Sedangkan pengujian akselerasi menempuh kecepatan 0-80 km/jam dan kecepatan 40-80 km/jam (dengan perpindahan gigi) dan kecepatan 40–70 km/jam (tanpa perpindahan gigi). Pengujian ini dibagi menjadi dua bagian yaitu kondisi normal dan kondisi dengan menggunakan elektroliser. Untuk penggunakan elektroliser menggunakan dua variasi katalis yaitu penggunaan KOH dan H 2 SO . Untuk KOH variasi yang digunakan adalah 1 gram, 2gram dan 3 gram. Sedangkan penggunaan H 4 variasi yang digunakan adalah 1 ml, 2 ml. dan 3 ml. dan katalis tersebut dilarutkan kedalam 300 ml aquades. Dari pengujian ini terbukti bahwa penggunaan elektroliser mampu menurunkan konsumsi bahan bakar hingga sebesar 27,3% pada pengujian stasioner pada putaran 4500 rpm, dan 27,5% pada pengujian road test dengan jarak 3 km. Sedangkan pada pengujian akselerasi 0-80 km/jam mampu mempercepat waktu tempuh sebesar 13,7%, akselerasi 40-80 km/jam mampu mempercepat waktu 8,3% dan akselerasi 40-70 km/jam mampu mempercepat waktu 7,6%. Untuk pengujian emisi, pada putaran 3000 rpm dengan penggunaan KOH 2 gram, elektroliser mampu menurunkan kandungan HC sebesar 44,1%, dan menurunkan konsentrasi polutan CO sebesar 30%. Pengujian kebutuhan arus untuk elektrolisis, penggunaan KOH sebagai katalisator lebih sedikit membutuhkan arus dibandingkan penggunaan H 2 SO 4 sebagai katalisator.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 08:41 |
Terakhir diubah: | 30 Jul 2015 08:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11380 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |