Rifany Maulidya, 1113041056 (2015) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 BERDASARKAN KURIKULUM 2013. FKIP, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (283Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (248Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (401Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (261Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1157Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13Kb) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini dilakukan berdasarkan rumusan masalah yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran menulis teks drama, (2) pelaksanaan pembelajaran menulis teks drama, dan (3) penilaian pembelajaran menulis teks drama. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu pembelajaran menulis teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Lampung dan difokuskan pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, rekaman, dan angket terbuka. Teknik analisis data berupa (1) melakukan kegiatan observasi, (2) melakukan dokumentasi terkait dengan RPP yang telah dibuat guru, (3) melakukan wawancara terhadap guru Bahasa Indonesia terkait dengan pembelajaran, (4) merekam dan mendokumentasikan setiap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dan aktivitas siswa, dan (5) menganalisis dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan yakni pada perencanaan pembelajaran, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan komponen-komponen RPP pada Kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan selama dua kali pertemuan. Kedua pertemuannya guru melakukan tiga kegiatan, (1) kegiatan pendahuluan, pertemuan pertama dan pertemuan kedua guru melakukan apersepsi dan penyampaian kompetensi rencana kegiatan. (2) kegiatan inti, guru menggunakan pendekatan scientific dan media berupa teks ulasan film “Habibi dan Ainun”. Pertemuan pertama, memproduksi teks drama guru melakukan kegiatan pembelajaran dengan membentuk kelas menjadi enam kelompok. Lalu siswa menampilkan hasil kerja kelompoknya di depan kelas. Pertemuan kedua, membandingkan dua teks drama secara berkelompok. (3) kegiatan penutup, melakukan refleksi dan tindak lanjut pembelajaran seterusnya. Penilaian pembelajaran yang dilakukan guru adalah penilaian sikap berupa nilai percaya diri, kesantunan, dan kejujuran. Penilaian pengetahuan berupa penugasan secara tertulis. Penilaian keterampilan dengan menuliskan sebuah naskah drama secara berkelompok kemudian menampilkan drama di depan kelas. Kata kunci: menulis, pembelajaran, teks drama.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > P Philology. Linguistics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | 2758861 . Digilib |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 07:58 |
Last Modified: | 04 Aug 2015 07:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |