Pengaruh Kadar Karbon Dalam Baja Pada Proses Pelapisan Aluminium Celup Panas

Jesrimal St Makmur, Alfurkhan (2014) Pengaruh Kadar Karbon Dalam Baja Pada Proses Pelapisan Aluminium Celup Panas. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (162Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (316Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (471Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1252Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (2100Kb)

Abstrak

Baja karbon banyak digunakan sebagai komponen keteknikan dalam kondisi temperatur kerja yang tinggi. Selama aplikasi ketahanan oksidasinya menurun secara drastis. Sehingga perlu dilakukan pelapisan pada baja untuk meningkatkan ketahan oksidasinya. Salah satu teknik pelapisan yang murah dan bisa untuk komponen yang besar adalah pelapisan dengan celup panas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kadar karbon dalam baja AISI 1020, AISI 1045, dan AISI 1090 terhadap pelapisan Al celup panas pada proses pelapisan aluminium celup serta mempelajari pengaruh waktu pencelupan baja kedalam bak Al cair terhadap pertumbuhan lapisan intermetalik. Waktu pencelupan yang digunakan adalah 4, 9, dan 16 detik dengan temperatur 700 °C. Volume komposisi yang digunakan untuk setiap larutan adalah 100 ml fluks dengan tiga variasi fluks yaitu Y1 (1,5 gr KF, 1,5 gr NaF, 8,5 gr Borax, dan 2,5 gr Asam asetat), Y2 (2,0 gr KF, 2,0 gr NaF, 9,5 gr Borax, dan 3,0 Asam asetat) dan Y3 (2,5 gr KF, 2,5 gr NaF, 10 gr Borax, 3,5 gr Asam asetat). Kemudian dilakukan uji impact, SEM, OM dan XRD Untuk lapisan Al yang paling tebal adalah pada baja AISI 1020 dengan waktu celup 4 detik yaitu 0.118 mm dan lapisan intermetalik Fe-Al (FeAl3 + Fe2Al5) yang paling tebal adalah pada baja AISI 1045 dengan waktu celup 9 detik. Nilai energi impact yang paling besar adalah pada baja AISI 1020 yaitu 187,2 J, artinya semakin sedikit kadar karbon maka energi impact yang dihasilkan semakin besar. Kata Kunci: Aluminium Celup Panas, Baja Karbon, Energi Impact, Fe-Al (FeAl3 + Fe2Al5), Variasi Fluks.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > Teknik mesin dan mesin
> Teknik mesin dan mesin
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin
Depositing User: Robidin
Date Deposited: 19 Feb 2014 08:40
Last Modified: 19 Feb 2014 08:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1149

Actions (login required)

View Item View Item