PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN MEDIA GRAFIS SISWA KELAS IV A SD NEGERI 1 TOTOKATON

Azka Falaih Rizqiyana, 1113053019 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN MEDIA GRAFIS SISWA KELAS IV A SD NEGERI 1 TOTOKATON. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (293Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (429Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (600Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN MEDIA GRAFIS SISWA K ELAS IV A SD NEGERI 1 TOTOKATON Oleh AZKA FALAIH RIZQIYANA Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya a ktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV A SD Negeri 1 Totokaton yakni 1 0 siswa (43,48%) dari 23 siswa yang belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pendekatan scientific dan media grafis pada pembelajaran matematika . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan K elas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan soal - soal tes . Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik an alisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan scientific dan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar si swa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata - rata aktivitas siswa siklus I sebesar 63,80 dengan persentase klasikal 56,52% ( cukup aktif ) , s iklus II meningkat menjadi 71,33 dengan pers entase klasikal 73,91% ( akt if ) , dan siklus III menjadi 78,10 dengan persentase klasikal 86,96% ( sangat aktif ) . Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17 ,39% dan siklus II ke siklus III sebesar 13,05%. Nilai rata - rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 59,35 dengan persentase ketuntasan klasikal seb esar 56,52% ( sedang ) , siklus II meningkat menjadi 69,35 dengan persentase ketuntasan klasikal 69,57% ( tin gg i ) , dan siklus III menjadi 76,30 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,96% ( sangat tinggi ) . Peningkatan persentase ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 13,05% dan siklus II ke siklus III sebesar 17,39%. Kata kunci: aktivitas , hasil belajar, media grafis, pendekatan scientific

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek:
> LC Special aspects of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 7071178 . Digilib
Date Deposited: 06 Aug 2015 06:57
Last Modified: 06 Aug 2015 06:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11507

Actions (login required)

View Item View Item