Azka Falaih Rizqiyana, 1113053019 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN MEDIA GRAFIS SISWA KELAS IV A SD NEGERI 1 TOTOKATON. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (203Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (293Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (429Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (600Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN MEDIA GRAFIS SISWA K ELAS IV A SD NEGERI 1 TOTOKATON Oleh AZKA FALAIH RIZQIYANA Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya a ktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV A SD Negeri 1 Totokaton yakni 1 0 siswa (43,48%) dari 23 siswa yang belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pendekatan scientific dan media grafis pada pembelajaran matematika . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan K elas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan soal - soal tes . Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik an alisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan scientific dan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar si swa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata - rata aktivitas siswa siklus I sebesar 63,80 dengan persentase klasikal 56,52% ( cukup aktif ) , s iklus II meningkat menjadi 71,33 dengan pers entase klasikal 73,91% ( akt if ) , dan siklus III menjadi 78,10 dengan persentase klasikal 86,96% ( sangat aktif ) . Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17 ,39% dan siklus II ke siklus III sebesar 13,05%. Nilai rata - rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 59,35 dengan persentase ketuntasan klasikal seb esar 56,52% ( sedang ) , siklus II meningkat menjadi 69,35 dengan persentase ketuntasan klasikal 69,57% ( tin gg i ) , dan siklus III menjadi 76,30 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,96% ( sangat tinggi ) . Peningkatan persentase ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 13,05% dan siklus II ke siklus III sebesar 17,39%. Kata kunci: aktivitas , hasil belajar, media grafis, pendekatan scientific
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 7071178 . Digilib |
Date Deposited: | 06 Aug 2015 06:57 |
Last Modified: | 06 Aug 2015 06:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11507 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |