PENGARUH VARIASI BENTUK DAN POSISI PENEMPATAN FILTER ZEOLIT KIMIA-FISIK EKSTERNAL TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR KARBURATOR 4-LANGKAH

Sukman Efendi, JASENDO FENDINAR (2014) PENGARUH VARIASI BENTUK DAN POSISI PENEMPATAN FILTER ZEOLIT KIMIA-FISIK EKSTERNAL TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR KARBURATOR 4-LANGKAH. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK .pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (196Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (445Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III .pdf

Download (1168Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (560Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (2255Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kelangkaan BBM dan polusi kendaraan bermotor merupakan salah satu permasalahan yang sedang dihadapi dunia maupun Indonesia saat ini. Untuk menurunkan konsumsi BBM dan mereduksi emisi gas buang kendaraan bermotor dapat memanfaatkan zeolit yang dibentuk pelet. Lampung memiliki potensi zeolit yang cukup besar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh variasi bentuk dan penempatan filter zeolit eksternal terhadap prestasi mesin dan emisi gas buang sepeda motor karburator 4-langkah. Zeolit pelet ini dikemas dalam filter eksternal. Pada penelitian ini menggunakan variasi bentuk filter eksternal diantaranya bentuk kotak, kerucut, tabung serta menggunakan variasi penempatan. Zeolit diaktivasi kimia dengan 1N HCl. Zeolit dibentuk pelet menggunakan komposisi 74% zeolit, 6% tapioka dan 20% air dengan diameter 10 mm serta tebal 3 mm. Kemudian diaktivasi fisik selama 1 jam pada temperatur 2000C. Parameter yang diamati yaitu variasi bentuk dan posisi penempatan, pengujian berjalan dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam, Pengujian akselerasi dari kecepatan 0-80 km/jam, pengujian stasioner pada 1000 rpm, 3000 rpm, dan 5000 rpm, pengujian emisi gas buang pada putaran 1000 rpm dan 3000 rpm.. Variasi bentuk filter terbaik yaitu filter bentuk kerucut dengan posisi penempatan depan yang mampu menghemat konsumsi bahan bakar sebesar 6,873% hingga 12,131% (berjalan), mempercepat waktu tempuh sebesar 2,625% hingga 4,018% (akselerasi) serta menghemat konsumsi bahan bakar sebesar 13,793% hingga 18,75% (stasioner). Penggunaan filter zeolit eksternal juga terbukti dapat mereduksi kadar CO sebesar 76,389% dan HC sebesar 33,824%. Kata kunci : emisi gas buang, filter zeolit eksternal, pelet z

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Teknik mesin dan mesin
> Teknik mesin dan mesin
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 19 Feb 2014 08:41
Terakhir diubah: 19 Feb 2014 08:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1154

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir