0813053012, VINDA MURYANINGRUM (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SD NEGERI 4 RUKTI HARJO LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2.ABSTRAK.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3judul tengah.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. menyetujui dan mengesahkan.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5.HALAMAN PERNYATAAN bl.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6.RIWAYAT HIDUP.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7.Motto.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8.PERSEMBAHAN.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. SANWACANA.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10.DAFTAR ISI dll 2.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13.bab v.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
File PDF
12.bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (491Kb) |
||
|
File PDF
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (174Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (228Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas V SD N 4 Rukti Harjo belum berlangsung seperti yang diharapkan. Salah satu penyebabnya adalah guru belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan jarang melibatkan siswa secara langsung, pembelajaran terkesan berpusat pada guru (teacher center). Hal tersebut berperan kepada rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode role playing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) model siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Kemudian, data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan persentase aktivitas siswa dapat dilihat dari siklus I 55,30 63,33% 80,1% . Hasil rekapitulasi peningkatan terhitung dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 7,92 % dan siklus II ke siklus III sebesar 16,77%. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat setiap siklusnya, siklus I ketuntasan siswa mencapai 50% berkatego , siklus II 66,67% dan siklus III tinggi terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II 16,67% dan siklus II ke siklus III peningkatan sebesar 25%.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 14 Aug 2015 03:47 |
Terakhir diubah: | 14 Aug 2015 03:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11550 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |