PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V B SDN 1 METRO UTARA TAHUN AJARAN 2011/2012

0813053021, Depit Ahtiar (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V B SDN 1 METRO UTARA TAHUN AJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (168Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (180Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (496Kb)
[img]
Preview
File PDF
lembar depan.pdf

Download (125Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang rata-ratanya sebesar 48,5 pada mata pelajaran IPS kelas V B SDN 1 Metro Utara tahun ajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode inkuiri di kelas V B SDN 1 Metro Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur dilaksanakan melalui tiga siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar instrument aktivitas siswa, lembar instrument kinerja guru, dan lembar tes untuk mengukur prestasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif untuk mengukur data prestasi belajar siswa dan hasil tes. Sedangkan data kualitatif untuk data aktivitas siswadan kinerja guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode inkuiri pada mata pelajaran IPS kelas V B SDN 1 Metro Utara berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (45%) meningkat sebesar 12,01% pada siklus II menjadi (57,01%) dan terjadi peningkatan sebesar 19,32% pada siklus III menjadi (76,33%). Ratarata hasil belajar siswa pada siklus I (54,67) meningkat sebesar 8,83 pada siklus II menjadi (63,50) dan terjadi peningkatan sebesar 12,83 pada siklus III menjadi (76,33).

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Aug 2015 03:47
Terakhir diubah: 14 Aug 2015 03:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11559

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir