PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS V C SDN 2 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0813053052, REBERKA MARDALENA S (2012) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS V C SDN 2 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (160Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (228Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV OK.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (486Kb)
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (12Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang rata-ratanya sebesar 34,4 pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas V C SDN 2 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V C SDN 2 Metro Timur pada pembelajaran PKn dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan melalui tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data kegiatan tersebut dikumpulkan melalui lembar observasi, hasil tes pada setiap akhir siklus. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan pendekatan CTL dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (60,92), pada siklus II meningkat menjadi (69,62), dan pada siklus III meningkat menjadi (80,00). Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa tiap siklusnya adalah siklus I (60,92), siklus II (69,62), dan siklus III (80,00). Dengan demikian hasil belajar siswa, dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 8,7% dan dari siklus II ke siklus III terjadi peningkatan 10,38%.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Aug 2015 03:47
Terakhir diubah: 14 Aug 2015 03:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11564

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir