PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 1 KERTOSARI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0813056119, ROHMAH (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 1 KERTOSARI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 4.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (137Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
judul recovered.pdf

Download (182Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
judul recovered2.pdf

Download (175Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan berdasarkan pengamatan awal di kelas IV SDN IV Kertosari diketahui IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sangat membosankan oleh siswa. Faktor penyebab aktivitas belajar dan hasil belajar IPS siswa rendah, adalah karena guru menggunakan model pembelajaran bersifat konvensional yakni ceramah, tanya jawab, pemberian tugas. Tujuan penelitian ini adalah dengan penerapan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari menyusun rancangan tindakan (planning), melaksanakan rencana tindakan persiklus (acting), pengamatan dan pencatatan (observing), dan terakhir refleksi atau evaluasi tindakan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 1 Kertosari sebanyak 25 orang siswa. Alat pengumpul data berupa hasil observasi dan tes formatif. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa model kooperatif tipe jigsaw dapat membantu meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS. Pelaksanaan tindakan siklus I nilai aktivitas belajar siswa pada kategori kurang aktif diperoleh 12 siswa yaitu 48% dan pada siklus ke 2 mengalami peningkatan dengan berkurangnya siswa yang mendapat kategori kurang aktif, yaitu hanya 12%. Demikian pula peningkatan nilai hasil belajar siswa siklus 1 dan 2, terdapat perubahan yaitu pada siklus 1, jumlah siswa yang tidak mencapai KKM berjumlah 35% dengan rerata nilai 66,20 dan pada siklus kedua nilai hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM hanya 12% dengan rata-rata nilai 81,10.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Aug 2015 03:47
Terakhir diubah: 14 Aug 2015 03:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11566

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir