PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2011-2012

1013069118, ROSILAWATI (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2011-2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (187Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SD Negeri Sukabumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Pada setiap siklus mengikuti 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran koperatif tipe student teams achievement division (STAD) yaitu siswa ditempatkan dalam tim belajar beranggotakan 4-5 orang merupakan campuran menurut tingkat prestasi, jenis kelamin, dan suku, kemudian siswa bekerja dalam tim mereka memastikan bahwa seluruh anggota tim telah menguasai pelajaran tersebut. Hasil tindakan ditemukan fakta bahwa model pembelajaran koperatif tipe student teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada pokok bahasan penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya pada setiap siklusnya. Dengan rincian peningkatan hasil belajar siswa peningkatan dari siklus I nilai rata-rata kelas 60,52 dengan ketuntasan belajar sebesar 68,42%, siklus II nilai rata-rata kelas 82,54 dengan ketuntasan belajar sebesar 89,73%.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Aug 2015 03:44
Terakhir diubah: 14 Aug 2015 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11575

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir