ASEP KURNIAWAN, 1113053015 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI 3 SIMBARWARINGIN. FKIP, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER LUAR.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (192Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (207Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (276Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1252Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (51Kb) | Preview |
Abstrak
Abstrak Indonesia ABSTRAK PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI 3 SIMBARWARINGIN Oleh ASEP KURNIAWAN Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Hanya 8 orang (42,11%) dari 19 orang siswa mencapai KKM. Tujuan penelitian adalah menerapkan model cooperative learning tipe numbered head together dan media grafis untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe numbered head together dan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I menunjukkan kategori aktif dengan nilai 67,77 dan siklus II memperoleh kategori aktif dengan nilai 75,98. Persentase klasikal aktivitas belajar siswa siklus I adalah 63,16% dengan kategori cukup dan siklus II menjadi 84,21% dengan kategori sangat aktif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 68,82 dengan kategori baik dan siklus II menjadi 75,39 dengan kategori baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I adalah 68,42% dengan kategori baik dan siklus II menjadi 84,21% dengan kategori sangat baik. Kata kunci: aktivitas belajar, cooperative learning, hasil belajar, media grafis, numbered head together
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 5189961 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Aug 2015 07:29 |
Last Modified: | 12 Aug 2015 07:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11668 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |