PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI 3 SIMBARWARINGIN

ASEP KURNIAWAN, 1113053015 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI 3 SIMBARWARINGIN. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (192Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (207Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (276Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1252Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Indonesia ABSTRAK PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI 3 SIMBARWARINGIN Oleh ASEP KURNIAWAN Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Hanya 8 orang (42,11%) dari 19 orang siswa mencapai KKM. Tujuan penelitian adalah menerapkan model cooperative learning tipe numbered head together dan media grafis untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe numbered head together dan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I menunjukkan kategori aktif dengan nilai 67,77 dan siklus II memperoleh kategori aktif dengan nilai 75,98. Persentase klasikal aktivitas belajar siswa siklus I adalah 63,16% dengan kategori cukup dan siklus II menjadi 84,21% dengan kategori sangat aktif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 68,82 dengan kategori baik dan siklus II menjadi 75,39 dengan kategori baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I adalah 68,42% dengan kategori baik dan siklus II menjadi 84,21% dengan kategori sangat baik. Kata kunci: aktivitas belajar, cooperative learning, hasil belajar, media grafis, numbered head together

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
A General Works = Karya Karya Umum > Karya Karya Umum = 000
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 5189961 . Digilib
Date Deposited: 12 Aug 2015 07:29
Last Modified: 12 Aug 2015 07:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11668

Actions (login required)

View Item View Item