Putri Permatasari, 1113053088 (2015) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SDN 08 METRO SELATAN. FKIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (2832b) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (810Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (917Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (1843b) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (441Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (2492b) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (272Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (663Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V SDN 08 Metro Selatan dengan persentase ketuntasan sebesar 46,16%. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model discovery learning dengan media visual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan tes. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dengan media visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 68,40 kategori ”Aktif” dengan persentase 65,38%. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,46 kategori “Aktif” dengan persentase 76,92%. Afektif siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 71,15 kategori “Mulai Berkembang” dengan persentase 73,07%. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 79,32 kategori “Mulai Berkembang” dengan persentase sebesar 84,61%. Psikomotor siswa siklus I memperoleh nilai ratarata 66,82 kategori “Terampil” dengan persentase 61,53%. Pada siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata 74,51 kategori “Terampil” dengan persentase sebesar 76,92%. Kognitif siswa yang telah mencapai ketuntasan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 67,80 dengan persentase sebesar 61,53% meningkat pada siklus II sebesar 77,10 dengan persentase 76,92%. Kata kunci: model discovery learning, media visual, aktivitas, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 8461980 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Aug 2015 04:33 |
Terakhir diubah: | 13 Aug 2015 04:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11695 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |