PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IVA SDN 3 METRO PUSAT

Sella Evatianti, 1113053103 (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IVA SDN 3 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (3870b) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (855Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (837Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWANCANA.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (447Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (275Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (395Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK INDONESIA Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IVA SDN 3 Metro Pusat dengan persentase ketuntasan sebesar 40% dari 20 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model problem posing dengan media grafis pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem posing dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 45% nilai rata-rata 60,94 katagori “Cukup Aktif”, meningkat pada siklus II sebesar 80% nilai rata-rata 71,77 katagori “Aktif”. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 55% nilai rata-rata 67,9 katagori “Sedang”, meningkat pada siklus II sebesar 85% nilai rata-rata 76,4 katagori “Sangat Tinggi”. Persentase ketuntasan hasil belajar afektif pada siklus I sebesar 50% nilai rata-rata 60,83 katagori “Cukup Baik”, meningkat pada siklus II sebesar 85% nilai rata-rata 73,02 katagori “Sangat Baik”. Persentase ketuntasan hasil belajar psikomotor pada siklus I sebesar 50% nilai rata-rata 60,70 katagori “Cukup Terampil”, meningkat pada siklus II sebesar 80% nilai rata-rata 71,88 katagori “Terampil”. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, media grafis, model problem posing.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek:
> Karya Karya Umum = 000
> LC Special aspects of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 2453877 . Digilib
Date Deposited: 13 Aug 2015 04:20
Last Modified: 13 Aug 2015 04:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11696

Actions (login required)

View Item View Item