Gusti Ayu Rini Apriani, 1113053047 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 7 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. (Tidak diterbitkan)
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (823Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (572Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (195Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (481Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (175Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (354Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (345Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (595Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (163Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 7 Metro Barat pada pembelajaran IPA yakni 10 siswa (37,04%) dari 27 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu 66. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus, dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kinerja guru pada siklus I yaitu 70,00 kategori baik meningkat 12,81 pada siklus II menjadi 82,81 kategori sangat baik. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I yaitu 67,96 meningkat 6,11 pada siklus II menjadi 79,32. Persentase klasikal siswa aktif pada siklus I sebesar 74,07% kategori aktif meningkat 14,82% pada siklus II menjadi 88,89% kategori sangat aktif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 69,62 meningkat pada siklus II sebesar 7,91 menjadi 77,53. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I sebesar 70,37% meningkat 11,11% pada siklus II menjadi 81,48%. Penerapan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, IPA, model cooperative learning tipe STAD
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education > Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan > Theory of Knowledge/Teori Ilmu Pengetahuan > Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 4897891 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Aug 2015 04:52 |
Terakhir diubah: | 13 Aug 2015 04:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11697 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |