PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 7 METRO BARAT

Gusti Ayu Rini Apriani, 1113053047 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 7 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (823Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (572Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (195Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (481Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (354Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (345Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (595Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 7 Metro Barat pada pembelajaran IPA yakni 10 siswa (37,04%) dari 27 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu 66. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus, dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kinerja guru pada siklus I yaitu 70,00 kategori baik meningkat 12,81 pada siklus II menjadi 82,81 kategori sangat baik. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I yaitu 67,96 meningkat 6,11 pada siklus II menjadi 79,32. Persentase klasikal siswa aktif pada siklus I sebesar 74,07% kategori aktif meningkat 14,82% pada siklus II menjadi 88,89% kategori sangat aktif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 69,62 meningkat pada siklus II sebesar 7,91 menjadi 77,53. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I sebesar 70,37% meningkat 11,11% pada siklus II menjadi 81,48%. Penerapan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, IPA, model cooperative learning tipe STAD

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > LC Special aspects of education
> Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan > Theory of Knowledge/Teori Ilmu Pengetahuan
> Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 4897891 . Digilib
Date Deposited: 13 Aug 2015 04:52
Last Modified: 13 Aug 2015 04:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11697

Actions (login required)

View Item View Item