Gusti Ayu Rini Apriani, 1113053047 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 7 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. (Unpublished)
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER LUAR.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (823Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (572Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (195Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (481Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (175Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (354Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (345Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (595Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (163Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20Kb) | Preview |
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 7 Metro Barat pada pembelajaran IPA yakni 10 siswa (37,04%) dari 27 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu 66. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus, dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kinerja guru pada siklus I yaitu 70,00 kategori baik meningkat 12,81 pada siklus II menjadi 82,81 kategori sangat baik. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I yaitu 67,96 meningkat 6,11 pada siklus II menjadi 79,32. Persentase klasikal siswa aktif pada siklus I sebesar 74,07% kategori aktif meningkat 14,82% pada siklus II menjadi 88,89% kategori sangat aktif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 69,62 meningkat pada siklus II sebesar 7,91 menjadi 77,53. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I sebesar 70,37% meningkat 11,11% pada siklus II menjadi 81,48%. Penerapan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, IPA, model cooperative learning tipe STAD
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education > Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan > Theory of Knowledge/Teori Ilmu Pengetahuan > Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 4897891 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Aug 2015 04:52 |
Last Modified: | 13 Aug 2015 04:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11697 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |