PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI GUNUNG PASIR JAYA

Etik Desti Haryati, 1113053040 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI GUNUNG PASIR JAYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1. COVER LUAR.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER DALAM.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
8. MOTO.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
9. PERSEMBAHAN.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. SANWACANA.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR TABEL.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (311Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (455Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV A SD Negeri Gunung Pasir Jaya dengan persentase ketuntasan 48,15% yaitu 13 siswa dari jumlah 27 siswa dengan KKM 66. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui metode card sort. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode card sort mudah diterapkan oleh guru, dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai kinerja guru setiap siklusnya. Nilai rata-rata kinerja guru siklus I adalah 65,45% dikategorikan baik, siklus II sebesar 73,64% dikategorikan baik, dan siklus III sebesar 85,46% dikategorikan sangat baik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode card sort pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diketahui dari persentase siswa aktif, siklus I sebesar 59,26% dikategorikan cukup aktif, siklus II sebesar 70,37% dikategorikan aktif, dan siklus III sebesar 85,19% dikategorikan sangat aktif. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa klasikal, siklus I 64,59 dengan persentase ketuntasan 59,26% dikategorikan sedang, siklus II 71,11 dengan persentase ketuntasan 74,07% dikategorikan tinggi, siklus III 77,19 dengan persentase ketuntasan 81,48% dikategorikan sangat tinggi. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, metode card sort, IPS

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek:
> Karya Karya Umum = 000
> LC Special aspects of education
> Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan > Theory of Knowledge/Teori Ilmu Pengetahuan
> Karya Karya Umum = 000 > Knowledge/Ilmu Pengetahuan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 3958085 . Digilib
Date Deposited: 13 Aug 2015 04:58
Last Modified: 13 Aug 2015 04:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11698

Actions (login required)

View Item View Item