ZAKARIA AHMAD, 1113053123 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 TAMBAH LUHUR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI .pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (168Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (192Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (278Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (197Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (225Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (453Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (610Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK INDONESIA Masalah di di SDN 1 Tambah Luhur ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V melalui model problem based learning.Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan prosedur pengkajian berdaur, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi untuk mengetahui aktivitas siswa, dan tes formatif untuk hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,66, persentase keaktifan siswa 35,71%. Pada siklus II Rata-rata aktivitas siswa adalah 75,71, persentase keaktifan siswa 92,85%. Jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17,05 dengan persentase keaktifan 57,14%. Adapun nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 66,14, dan siklus II 71,21 Jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5,07. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, model problem based learning.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 1302827 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Aug 2015 07:00 |
Terakhir diubah: | 14 Aug 2015 07:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11714 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |