PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 TAMBAH LUHUR

ZAKARIA AHMAD, 1113053123 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 TAMBAH LUHUR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI .pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (168Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (192Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (278Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (197Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (225Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (453Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (610Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK INDONESIA Masalah di di SDN 1 Tambah Luhur ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V melalui model problem based learning.Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan prosedur pengkajian berdaur, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi untuk mengetahui aktivitas siswa, dan tes formatif untuk hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,66, persentase keaktifan siswa 35,71%. Pada siklus II Rata-rata aktivitas siswa adalah 75,71, persentase keaktifan siswa 92,85%. Jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17,05 dengan persentase keaktifan 57,14%. Adapun nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 66,14, dan siklus II 71,21 Jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5,07. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, model problem based learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> Karya Karya Umum = 000
> LC Special aspects of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 1302827 . Digilib
Date Deposited: 14 Aug 2015 07:00
Terakhir diubah: 14 Aug 2015 07:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11714

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir