ZAKARIA AHMAD, 1113053123 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 TAMBAH LUHUR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER LUAR.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (168Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (192Kb) | Preview |
|
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (278Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (197Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (225Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (453Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (610Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK INDONESIA Masalah di di SDN 1 Tambah Luhur ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V melalui model problem based learning.Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan prosedur pengkajian berdaur, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi untuk mengetahui aktivitas siswa, dan tes formatif untuk hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,66, persentase keaktifan siswa 35,71%. Pada siklus II Rata-rata aktivitas siswa adalah 75,71, persentase keaktifan siswa 92,85%. Jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17,05 dengan persentase keaktifan 57,14%. Adapun nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 66,14, dan siklus II 71,21 Jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5,07. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, model problem based learning.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 1302827 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Aug 2015 07:00 |
Last Modified: | 14 Aug 2015 07:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11714 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |