ANNISA CHAIRIYAH, 1113043007 (2015) MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN TARI HALIBAMBANG DI KELAS XI IPS 1 SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DEPAN.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR DIAGRAM.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (167Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (952Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (320Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2596Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari halibambang menggunakan model TAI. Permasalahan penelitian adalah pembelajaran tari halibambang dan hasil belajar siswa menggunakan model TAI pada pembelajaran seni budaya di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teori belajar yang digunakan pada penelitian adalah teori kognitivistik. Sumber data dalam penelitian adalah 30 siswa yang mempelajari 13 ragam gerak tari halibambang dan guru seni budaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes praktik dan nontes sebagai instrumen panduan. Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TAI dalam pelaksanaan pembelajaran terlihat pada aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran tari halibambang. Guru memberikan stimulan kepada siswa untuk menerapkan 3 komponen yang ada pada panduan pelaksanaan model pembelajaran TAI sesuai dengan deskriptor model pembelajaran yang telah ditetapkan. Panduan pelaksanaan model pembelajaran TAI dengan 3 komponen, yakni teams, siswa harus menerima dan menghargai siswa lain. Student creative, siswa bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok. Team study, siswa bertanggung jawab terhadap setiap anggota kelompoknya. Hasil pembelajaran tari halibambang menggunakan model pembelajaran TAI di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung mendapatkan kriteria baik dengan nilai ratarata 80,3 yang terlihat pada penilaian tes praktik siswa. Siswa mampu memperagakan gerak tari halibambang sesuai urutan, hitungan dan ketepatan gerak dengan musik. Kata kunci: belajar, model pembelajaran team assisted individualization, tari halibambang
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | 5847727 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Aug 2015 03:30 |
Terakhir diubah: | 14 Aug 2015 03:30 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11725 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |