PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, KREATIVITAS GURU, DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 SUNGKAI UTARA KABUPATEN LAMPUNG UTARATAHUN PELAJARAN 2014/2015

Selasmai, 0853031041 (2015) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, KREATIVITAS GURU, DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 SUNGKAI UTARA KABUPATEN LAMPUNG UTARATAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (172Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (400Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak

Proses belajar mengajar siswa akan menimbulkan persepsi siswa terkait dengan penglihatannya terhadap seorang guru. Dalam proses belajar mengajar mempunyai tujuan akhir yaitu pencapaian hasil belajar yang baik. Pada umumnya semakin baik proses belajar mengajar maka akan semakin baik pula hasil belajar yang dicapai.Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar di dalam kelas, antara lain persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, kreativitas guru, dandisiplin belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, kreativitas guru, dandisiplin belajar siswaSMP Negeri 1 Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utarasebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 97 orang.Dengan menggunakan rumus Slovindengan probability sampling didapat sampel sebanyak 78 orang yang selanjutnya dilakukan alokasi proporsional sampling agar sampel yang diambil lebih proporsional. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa: 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan tentang persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar IPS Terpadu SMP Negeri 1 Sungkai Utara Kabupaten Lampung UtaraTahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukan dengan t hitung> t tabel yaitu 4,297 > 1,992 dengan koefisien korelasi (r) 0,442 dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,196 yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru sebesar 19,6% dan sisanya 80,4% dipengaruhi oleh faktor lain. 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan tentang persepsi siswa tentang kreativitas guru terhadap hasil belajar IPS Terpadu SMP Negeri 1 Sungkai Utara Kabupaten Lampung UtaraTahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukan dengan t hitung> t tabel yaitu 4,624 > 1,992 dengan koefisien korelasi (r) 0,469dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,220yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh kreativitas guru sebesar 22% dan sisanya 88% dipengaruhi oleh faktor lain. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu SMP Negeri 1 Sungkai Utara Kabupaten Lampung UtaraTahun Pelajaran 2014/2015.Hal ini ditunjukan dengan t hitung> t tabel yaitu 4,863 >1,992dengan koefisien korelasi (r) 0,487dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,237yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang disiplin belajar siswa sebesar 23,7% dan sisanya 76,3% dipengaruhi oleh faktor lain. 4. Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang keterampilan guru, kreativitas guru, dan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu SMP Negeri 1 Sungkai Utara Kabupaten Lampung UtaraTahun Pelajaran 2014/2015.Hal ini ditunjukan dengan F hitung> F tabel yaitu 22,694 > 2,728 dan ditunjukkan juga oleh koefisien korelasi (r) 0,593dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,407 yang berarti hasil belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, kreativitas guru, dan disiplin belajar siswasebesar 40,7% dan sisanya 59,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Pengaruh ketiga variabel ini merupakan faktor yang lebih dominan yang mempengaruhi hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
H Ilmu Sosial = Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: 4469174 . Digilib
Date Deposited: 19 Aug 2015 03:28
Last Modified: 19 Aug 2015 03:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11787

Actions (login required)

View Item View Item