Selasmai, 0853031041 (2015) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, KREATIVITAS GURU, DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 SUNGKAI UTARA KABUPATEN LAMPUNG UTARATAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (153Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (172Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (400Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (665Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Proses belajar mengajar siswa akan menimbulkan persepsi siswa terkait dengan penglihatannya terhadap seorang guru. Dalam proses belajar mengajar mempunyai tujuan akhir yaitu pencapaian hasil belajar yang baik. Pada umumnya semakin baik proses belajar mengajar maka akan semakin baik pula hasil belajar yang dicapai.Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar di dalam kelas, antara lain persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, kreativitas guru, dandisiplin belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, kreativitas guru, dandisiplin belajar siswaSMP Negeri 1 Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utarasebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 97 orang.Dengan menggunakan rumus Slovindengan probability sampling didapat sampel sebanyak 78 orang yang selanjutnya dilakukan alokasi proporsional sampling agar sampel yang diambil lebih proporsional. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa: 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan tentang persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar IPS Terpadu SMP Negeri 1 Sungkai Utara Kabupaten Lampung UtaraTahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukan dengan t hitung> t tabel yaitu 4,297 > 1,992 dengan koefisien korelasi (r) 0,442 dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,196 yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru sebesar 19,6% dan sisanya 80,4% dipengaruhi oleh faktor lain. 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan tentang persepsi siswa tentang kreativitas guru terhadap hasil belajar IPS Terpadu SMP Negeri 1 Sungkai Utara Kabupaten Lampung UtaraTahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukan dengan t hitung> t tabel yaitu 4,624 > 1,992 dengan koefisien korelasi (r) 0,469dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,220yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh kreativitas guru sebesar 22% dan sisanya 88% dipengaruhi oleh faktor lain. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu SMP Negeri 1 Sungkai Utara Kabupaten Lampung UtaraTahun Pelajaran 2014/2015.Hal ini ditunjukan dengan t hitung> t tabel yaitu 4,863 >1,992dengan koefisien korelasi (r) 0,487dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,237yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang disiplin belajar siswa sebesar 23,7% dan sisanya 76,3% dipengaruhi oleh faktor lain. 4. Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang keterampilan guru, kreativitas guru, dan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu SMP Negeri 1 Sungkai Utara Kabupaten Lampung UtaraTahun Pelajaran 2014/2015.Hal ini ditunjukan dengan F hitung> F tabel yaitu 22,694 > 2,728 dan ditunjukkan juga oleh koefisien korelasi (r) 0,593dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,407 yang berarti hasil belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, kreativitas guru, dan disiplin belajar siswasebesar 40,7% dan sisanya 59,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Pengaruh ketiga variabel ini merupakan faktor yang lebih dominan yang mempengaruhi hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > H Social Sciences (General) > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | 4469174 . Digilib |
Date Deposited: | 19 Aug 2015 03:28 |
Terakhir diubah: | 19 Aug 2015 03:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11787 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |