Ni Luh Eka Wahyuningsih, 11113041043 (2015) KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 SPUTIH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (201Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (189Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (145Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR DIAGRAM.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (160Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (227Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (733Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (41Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menulis teks eksposisi melalui pemanfaatan media audio visual pada siswa kelas VII SMPN 1 Seputih Mataram tahun pelajaran 2014/2015 Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMPN 1 Seputih Mataram tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil tes dianalisis dan dinilai berdasarkan keterampilan guru dalam memanfaatkan sumber dan media belajar serta berdasarkan indikator penilaian tes menulis teks eksposisi yaitu indikator kelengkapan struktur, kesesuaian struktur teks yang meliputi : judul, tesis, argumentasi, penegasan ulang. Ciri-ciri teks eksposisi, indikator kebahasaan yang meliputi : paragraf, kalimat, diksi, dan ejaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi melalui pemanfaatan media audio visual berdasarkan keseluruhan aspek penilaian berada pada kategori baik dengan persentase 73,4%. Adapun kemampuan siswa yang mencapai kategori baik sekali yaitu pada indikator kelengkapan struktur yang mencapai persentase 90,18% dan kesesuaian judul dengan persentase 85%, kemampuan siswa pada kategori baik yaitu pada indikator kesesuaian tesis dengan persentase 77%, kesesuaian argumen dengan persentase 82,8%, ciri-ciri teks dengan persentase 79%, diksi dengan persentase 69,4%, dan paragraf dengan persentase 71,4%, kemampuan siswa yang mencapai kategori cukup yaitu pada indikator kesesuaian simpulan mencapai 57,4%, kalimat 68%, dan ejaan dengan persentase 57,3%. Keterampilan guru dalam memanfaatkan sumber belajar belum maksimal karena guru masih belajar dalam menggunakan media audio visual serta siswa belum terlibat dalam pemanfaatan sumber dan media belajar yang digunakan guru, namun penggunaan media audio visual dapat memberikan kesan yang menarik dalam pembelajaran. Maka guru sebaiknya dapat meningkatkan keterampilan menggunakan media dan membatu meningkatkan kemampuan siswa dalam aspek menulis teks eksposisi terutama pada indikator kesesuaian simpulan, kalimat, dan ejaan. Kata kunci: pemanfaatan media, menulis teks eksposisi, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 8569025 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Aug 2015 02:55 |
Terakhir diubah: | 20 Aug 2015 02:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11843 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |